SAYAP BILLITON

PATRIOT LANGIT NUSANTARA

Kuota Penerimaan Prajurit TNI AU TA.2009

Posted by sayapbilliton pada 19 November 2008

Kabar gembira bagi masyarakat Bangkabelitung, karena untuk Tahun Anggaran 2009 kuota penerimaan prajurit  akan ditambah dan adanya system penerimaan rayonisasi akan memberikan peluang bagi putra daerah untuk lolos memasuki pendidikan calon prajurit. Sesuai hasil rapat koordinasi diajurit TA 2009 di Disminpersau.

Adanya system rayonisasi tersebut dilaksanakan karena selama ini perbandingan suku yang ada di TNI Angkatan Udara tidak merata, seperti pada penerimaan Karbol (Taruna Akademi Angkatan Udara) TA 2008 didominasi oleh suku Jawa  72,44%, Sunda 7,08%, Bugis 3,93%, Batak 3,14%, Melayu 3,14% dan suku lainnya 10,27%. Dengan adanya system rayonisasi siswa-siswa lulusan SMA dan sederajat baik dari Bangka maupun Belitung dapat memanfaatkan kesempatan ini.
Kegagalan yang sering dihadapi siswa dari Bangka maupun Belitung umumnya adalah, masalah kesehatan terutama gigi hal ini kemungkinan disebabkan lingkungan geografis dimana air yang memiliki kandungan mineral tertentu sangat tinggi sehingga merusak gigi. Disamping itu masalah Kandungan mineral tertentu yang dianggap berbahaya terdapat di dalam darah yang muncul dalam bentuk penyakit kuning maupun malaria merupakan kerawanan yang jumlahnya pada saat pemeriksaan daerah dapat ditolerir namun hasil penelitian diLaboratorium pusat menunjukkan kadar yang tinggi sehingga siswa tersebut gagal di tingkat pusat.
Sedangkan permasalahn fisik umumnya adalah varises dan kerusakan di kulit yang juga kemungkinan siswa tersebut  banyak bekerja membantu orang tua atau dengan orang lain menambang timah.
Untuk penerimaan prajurit pada TA 2009, kuota penerimaan Tamtama  adalah 9 orang dengan perioritas menjadi pasukan Angkatan Udara yaitu Paskhas dengan pendidikan umum minimal SMP atau sederajat. Sedangkan untuk Bintara kuota 5 orang dengan pendidikan umum minimal SMA atau sederajat jurusan IPA, Sekolah Menengah Kejuruan Jurusan Mesin, Bangunan, Outomotif dan elektronika. Sedangkan Untuk penerimaan Karbol pendidikan umum Minimal sama seperti penerimaan bintara namun dengan syarat nilai tertentu yang akan diterbitkan kemudian.
Hal lain yang perlu di pertimbangkan adalah Tinggi badan Minimal 165 cm, Tidak berkaca mata, belum pernah menikah, umur minimal 18 tahun dan maksimal 22 tahun pada saat akan mengikuti pendidikan, sedangkan untuk calon karbol(AAU) minimal 17 tahun. Semoga informasi ini dapat dipergunakan untuk mempersiapkan diri jauh-jauh hari.

11 Tanggapan to “Kuota Penerimaan Prajurit TNI AU TA.2009”

  1. husein said

    assalamu’alaikum..pak,tolong, saya diberi tahu kapan pendaftaran AAU AAL dan AKmil 2009.serta kisi2 untuk lulus ujian masuknya.terima kasih

  2. sayapbilliton said

    Pendaftaran AAU di buka Bula April 2009, Kisi-kisinya sesuai persyaratan yang ada dalam pengumuman di tambah seleksi Mental ideologi, Akademis, Psiko test, Jasmani/Samapta, Postur, Bahasa Inggris, Kesehatan (Hasil Lab dan Ronsen). Tidak salah mencoba daftar nanti akan tahu kekurangan kita. Terimakasih atas kunjungannya, selamat mempersiapkan diri.

  3. juni said

    bapak yang terhormat,,saya ingin tanya tentang penerimaan taruna karbol, apakah dalam seleksi karbol ada tes akademiknya…? kemudian apabila dari daerah mengirimkan 5 calon taruna karbol kepusat, apakah dipastikan calon taruna karbol ini akan lulus …!? terkait dengan system penerimaan rayonisasi yang memberikan peluang bagi putra daerah untuk lolos menjadi taruna aau mengingat kuota yang diberikan oleh pusat 5 orang untuk daerah

  4. sayapbilliton said

    Tes Akademik ada dalam seleksi Karbol, Pengiriman Taruna ke Tingkat pusat adalah untuk mengikuti Tes Pusat jadi ada kemungkinan Gugur atau tidak lulus tes di tingkat pusat.

  5. mohon izin pak untk kuota ta 2009 ini untk BABEL ada brp?
    dan apakah masih tetap sama dgn taun kmrn yaitu 3 orang!
    untk kepastian aja pak pembukaan karbol ta 2009 ini bulan maret apa april pak?
    terus apakah untk tes karbol ini diprioritaskan untk putra daerah(semoga gt).
    ditunngu balasannya pak?terimakasih

  6. arta said

    bapak yang terhormat saya ingin tanya , saya dengar-dengar apabila saat melaksanakan test pusat pada penerimaan taruna AU dan kita dinyatakan tidak lolos , dari pihak panitia akan memberikan surat rekomendasi untuk mengikuti pendidikan bintara, apakah itu benar…?? dan tidak lolos test apa yang akan diberikan surat rekomendasi tersebut pak…?
    mohon jawabannya.

  7. sayapbilliton said

    Saat ini surat rekomendasi tersebut (sering di sebut ticket holder) walaupun diberikan, namun tetap melaksanakan seluruh test yang ada. Diberikan terhadap casis yang tidak lulus tingkat pusat karena kalah bersaing dalam pengumpulan bobot penilaian. Sedangkan hasil masing-masing test dianggap memenuhi syarat.

  8. arta said

    sebelumnya saya ucapkan trimakasih atas kesedian bapak menjawab pertanyaan saya terdahulu…
    bapak dulu tamatan AAU ya…?? calon jendral doonk?..
    waktu pendidikan pertama AAU saya dengar dikirim ke akmil untuk mengikuti latihan di kawah candradimuka,,,apakah begitu menakutkan,dan kejam pendidikan disana sehingga di namakan kawah candradimuka yang kita ketahui kawah tersebut adalah kawah untuk menghukum roh2 alias neraka

  9. pomparansirajasonang said

    Disebut Kawah, karena merupakan tempat menempa para prajurit. Kawah yang panas merupakan simbol rangkaian tahapan latihan yang harus dihadapi prajurit.

  10. anti ilmu teori said

    syarat karbol apa aja ???
    sy mahasiswa dari poltekes tni au ciumbuleuit bdg..

    pada saat sy lulus kuliah..sy berusia 22 thn,,
    apakah bisa mengikuti karbol ???

    • sayapbilliton said

      Silahkan membaca artikel “Syarat-syarat masuk AAU”. Syarat Akademis mengikuti Karbol adalah berijazah SMU IPA atau Penerbangan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: